23 Desember 2013

Kualitas Hidup Perempuan Perlu Ditingkatkan


sangkareang, pringgabaya, lombok timur, desa, ntb, pnpm
sangkareang, lpssd, lombok timur, lombok, pnpm, berita, perempuan sasak         Pringgabaya, SN – Kaum perempuan di Lombok Timur khususnya di Desa Gunung Malang perlu diberikan peluang dan kesempatan untuk mampu meningkatkan kualitas hidupnya secara mandiri tetapi tidak melupakan kodratnya. Perempuan dalam berbagai dimensi kehidupan berbangsa dan bernegara, diakui atau tidak telah mampu menjadi motor penggerak dan motor perubahan. Demikian disampaikan Nasri,M.Pd-Pengurus Lembaga Pusat Studi Sumber Daya (PSSD) saat memberikan  kata pengantar pada Kegiatan Pelatihan Penguatan Kapasitas Kelompok dan Manajemen Usaha, Kelompok Simpan Pinjam Perempuan (SPP) Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Pedesaan (PNPM-MPd) Dengan Kegiatan Pendukung Pelatihan Tata Boga di Kantor Desa Gunung Malang Kecamatan Pringgabaya, Kamis (19/12). Menurut Nasri, Apabila kembali kepada sejarah masa lalu, pada hakekatnya perempuan
Indonesia masa lampau sama halnya dengan perempuan Indonesia masa kini. Peran perempuan yang sejak awal perjuangan bangsa ini sudah memberikan banyak pengorbanan perlu mendapat perhatian dari aspek ekonomi perlu menjadi salah satu hal yang harus dilihat untuk memperkuat ketahanan Nasional dan Daerah membangun karakter dan pekerti bangsa, serta menuju kesejahteraan rakyat yang kita cita-citakan bersama. Meski demikian, hendaknya kaum wanita dapat lebih arif dan bijak di dalam pembagian waktu, baik untuk bekerja, untuk anak dan suami serta untuk kegiatan-kegiatan di luar rumah, seperti PKK, Dharma Wanita dan organisasi-organisasi sosial kemasyarakatan lainnya,”katanya. Apalagi pada bulan ini, kita sedang memperingati Hari Ibu ke 85, Hari Kesetiakawanan Sosial, Hari AIDS sedunia, dan hari Nusantara 2013.

Terkait Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) 2013, Nasri menjelaskan HKSN  merupakan program pemerintah yang telah dirancang sejak 50 tahun yang lalu dan menjadi acara yang selalu diperingati secara nasional setiap tahun pada tanggal 20 Desember. Hal ini  untuk menggugah semangat masyarakat akan pentingnya solidaritas antar seluruh komponen masyarakat dalam upaya meningkatkan kesejahteraan sosial,” tegasnya.
Menurutnya peringatan ini juga sebagai momentum penting dalam menanamkan dan menjadi budaya bangsa kita dalam menghadapi tantangan dan permasalahan bangsa. Diharapkan dengan  kesetiakawanan sosial dapat menjadi spirit kepada kita semua untuk bangkit dan membangun bangsa dalam menghadapi permasalahan dan tantangan,” katanya.
Sedangkan mengenai peringatan Hari Nusantara tahun 2013 ini memiliki tema Setinggi langit sedalam samudra potensi pariwisata dan kreativitas nusantara yang tak terhingga”. Menurutnya Tema ini mengandung pengertian Indonesia adalah negara kaya akan keberagaman potensi sumberdaya bahari yang dapat memberikan manfaat tak terhingga baik dari aspek ekonomi, sosial, dan budaya. Hari Nusantara juga akan terus mengkampanyekan wawasan bahwa laut merupakan pemersatu NKRI sekaligus perekat dan pemersatu Bangsa,” lanjutnya.
Ditambahkannya sektor perikanan Kabupaten Lombok Timur memiliki pelabuhan pendaratan kapal ikan dan tempat pelelangan ikan yang perlu dikelola secara transparan. Setiap harinya ikan yang di daratkan berton-ton. Kedepan diperlukan juga balai pelatihan bagi para nelayan. Melalui Peringatan Hari Nusantara ini maka sudah sepantasnya perikanan, pariwisata bahari, dan perhubungan laut harus kita jadikan pilar utama dalam pembangunan kelautan dan perikanan,” pungkasnya. (SN-01).







Tidak ada komentar:

Posting Komentar